Kabupaten Jember Harus Ditiadakan Pungutan Liar

Jember - Pemberantasan pungutan liar yang dilakukan oleh Bupati Jember dr Faida dan Wakil Bupati Muqit Arief di awal tugas pasca pelantik...


Jember - Pemberantasan pungutan liar yang dilakukan oleh Bupati Jember dr Faida dan Wakil Bupati Muqit Arief di awal tugas pasca pelantikan rupanya sejalan dengan komiten dan program kerja Nawacita Presiden Joko Widodo.

Tak tanggung-tanggung, gebrakan awal pemerintahan dr Faida dan Muqit Arief dengan mengembalikan pungutan liar yang terjadi saat ratusan guru mendapatkan kenaikan pangkat beberapa waktu lalu.

Uang pungutan dikembalikan dan pelaku pungutan mendapat teguran keras serta  berkomitmen tidak akan mengulangi perbuatan tersebut. Langkah awal pemberantasan pungutan liar yang diprioritaskan bidang pendidikan mendapatkan apresiasi seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Jember.

Bupati Jember dr Faida menyatakan komitmennya bersama Presiden Jokowi untuk memberantas pungutan liar. Terutama pasca Operasi Tangkap Tangan pungutan liar yang terjadi di Kementrian Perhubungan RI beberapa waktu lalu.

Saat ditemui di sela-sela kegiatannya di Pemerintah kabupaten Jember Bupati dr Faida menegaskan hal tersebut. “ Pemkab Jember dalam hal pemberantasan pungutan liar sejalan dengan Program Nawacita Presiden Jokowi, kita tegak lurus. Penghapusan pungli ini tidak bisa dilakukan Presiden sendiri ataupun dilakukan oleh Bupati sendiri. Seluruh elemen masyarakat harusberperan aktif, katanya.

Menurut Bupati perempuan pertama di Kabupaten Jember ini, menargetkan pembersihan pungutan liar tidak hanya pada Dinas Pendidikan. Instansi lainnya pun juga akan dilakukan hal yang serupa terutama pelayanan terhadap masyarakat atau public.

 Dinas Pendidikan menjadi target pertama pembersihan karena kasus pungli marak terjadi dan terlalu massifnya pungli di instansi tersebut, ujarnya.

Lebih lanjut mantan Direktur Rumah Sakit Bina Sehat itu menambahkan bahwa penghapusan pungutan liar di dinas lain juga menjadi penting bagi Pemkab Jember saat ini. Pelayanan public dalam hal pengurusan Adminitrasi Kependudukan juga menjadi perhatian pemerintah untuk dibersihkan dari praktek ilegal tersebut.

Dinas yang banyak mendapat keluhan masyarakat terkait pungli diantaranya pencatatan sipil.
Yang banyak keluhan dan laporan pungli soal KTP dan KK, imbuhnya.

Ketika disinggung instansi Kelurahan dan Kecamatan yang juga marak terjadi pungutan yang tak sesuai procedural terutama terkait proses tanah baik masalah keterangan waris, kematian, pembuatan akta dan sebagainya dengan bijak  Bupati Jember dr Faida akan menindaklanjuti hal tersebut.

Yang jelas pemberantasan segala macam pungutan liar diluar ketentuan yang sudah diatur dalam peraturan semacam retribusi harus ditiadakan. Akan ada tindakan tegas kepada oknum siapapun pelaku pungutan liar tersebut. Kami berkomitmen menghapus pungli sampai ke jajaran bawah, tegasnya.

Selain itu, Bupati dr Faida meminta semua pihak untuk ikut berupaya membersihkan pelayanan publik dari pungutan liar. Masyarakat diminta segera melaporkan jika menemukan praktik pungutan liar yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN).

“ Jika ada yang masyarakat yang dimintau uang saat mengurus sesuatu dan kurang jelas, tanya dulu, untuk apa uang tersebut, jangan menghakimi. Tapi jika diluar aturan yang ada semisal retribusi berarti uang itu termasuk pungutan liar. Laporkan langsung kepada kami agar dapat ditindak dengan tegas".

Bupati Jember dr Faida berharap media juga dapat berperan aktif dalam membantu melakukan pemantauan. Sebab, upaya itu merupakan bagian perjuangan perubahan. Semua pihak punya tanggung jawab sesuai peran dan fungsinya masing-masing, pungkasnya.(Pj)

COMMENTS

Nama

Bisnis Desa Hukum Jember Kebudayaan Keriminal Kesehatan Kriminal Nasional Olahraga Olehraga Opini Pemerintah Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Prestasi Religi Sosial Sosialisasi Wisata
false
ltr
item
POTRET JEMBER.COM: Kabupaten Jember Harus Ditiadakan Pungutan Liar
Kabupaten Jember Harus Ditiadakan Pungutan Liar
https://2.bp.blogspot.com/-U7mPee5KP8k/WAtq6CFb6yI/AAAAAAAAAGg/1LJjh0a7dKMfY5q4GIbLHc_CWsC8FiHpgCLcB/s320/_20160830_141143.JPG
https://2.bp.blogspot.com/-U7mPee5KP8k/WAtq6CFb6yI/AAAAAAAAAGg/1LJjh0a7dKMfY5q4GIbLHc_CWsC8FiHpgCLcB/s72-c/_20160830_141143.JPG
POTRET JEMBER.COM
http://www.potretjember.com/2016/10/kabupaten-jember-harus-ditiadakan.html
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/2016/10/kabupaten-jember-harus-ditiadakan.html
true
7543246334642126740
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy