Petugas Gabungan Berhasil Padamkan Kebakaran Hutan Gunung Manggar

POTRETJEMBER.COM, Jember -  Kebakaran hutan Gunung Manggar di kawasan petak 23 RPH Glundengan, BKPH Wuluhan Jember, berhasil di padamkan ...


POTRETJEMBER.COM, Jember - Kebakaran hutan Gunung Manggar di kawasan petak 23 RPH Glundengan, BKPH Wuluhan Jember, berhasil di padamkan oleh petugas gabungan dari Polres Jember, Perhutani, TNI serta masyarakat sekitar.

Kebakaran yang terjadi pada hari minggu (3/9/17) malam kemaren, langsung diselidiki oleh pihak kepolisian. Bahkan, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo SH.SIK.MH, bersama pihak Perhutani dan TNI, langsung datangi lokasi terjadinya kebakaran Hutan Gunung Manggar.

“Rencananya kita tadi malam mau ke lokasi. Tapi melihat  medannya sangat sulit dan tidak memungkinkan. Untuk menuju lokasi, harus jalan kaki sekitar 1,5 jam dari desa terdekat dengan hutan, dan tidak bisa dilalui kendaraan apapun,” Kata Kapolres Kusworo Wibowo SH.SIK.MH., saat di lokasi, Senin (4/9/2017).


Dari hasil penyelidikan di lapangan, Kusworo menduga bahwa kebakaran itu terjadi karena faktor alam dan perburuan hewan. “Kalau untuk pembukaan lahan kayaknya gak mungkin. Kita menduga, kebarakan terjadi karena faktor alam atau perburuan hewan,” jelasnya. Jika dugaan perburuan hewan itu benar, ada indikasi kuat lahan itu sengaja dibakar.

“Menurut warga sekitar dan juga informasi petugas, lokasi ini banyak kijangnya dan sering diburu oleh masyarakat,” jelas Kusworo. Meski begitu, Kusworo mengaku juga tidak menampik faktor alam dapat memicu terjadinya kebakaran itu. Apalagi di lokasi, banyak sekali ditemukan daun jati yang sudah kering menumpuk di tanah.

“Daun jati yang sudah mengering itu bisa sampai 4–5 lapis. Kita aja tadi di lokasi, ketinggian daun yang kering itu sampai mata kaki,” ungkapnya. Dengan kondisi yang seperti itu, faktor alam seperti angin misalnya, juga bisa menjadi pemicu terjadinya kebakaran. “Namun untuk lebih jelasnya, kita lakukan penyelidikan dulu,” tegas Kusworo.

Guna mengantisipasi hal itu terjadi, pihaknya mengaku bersinergi dengan TNI dan Perhutani, untuk melakukan patroli sesering mungkin, khususnya pada jam jam rawan. “Selain itu, kita lakukan juga upaya preventif dengan memasang banner pelarangan berburu dan membakar hutan,” jelas Kusworo.

Dalam waktu dekat, pihaknya bersama Perhutani akan mengundang para Kades untuk melakukan sosialisasi sekaligus pemahaman menjaga hutan. “Supaya kades bisa getuk tular (dari mulut ke mulut) kepada masyarakat yang lain,” ungkap Kusworo.

Kusworo menegaskan, bahwa sinergi antara Polisi, TNI, Perhutani dan masyarakat, selama ini berjalan sangat baik. “Waktu semalam terjadi kebakaran, semuanya kompak turun ke lapangan. Tak sampai 2 jam, api berhasil kita padamkan. Itupun blm dikurangi waktu perjaanan dari desa ke tkp kebakaran. Kebakaran diketahui jam 17.45 dan bisa dipadamkan pd pukul 20.06,” ungkap Kusworo.

Terlebih, beberapa hari sebelumnya, Polres Jember bersama sejumlah pihak, telah melakukan simulasi penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). “Sehingga semuanya paham apa yang harus dilakukan saat kebakaran itu terjadi,” tegasnya.

Administratur Perhutani KPH Jember, Karuniawan Purwanto Sanjaya, menegaskan bahwa kebakaran itu tidak satupun sampai membakar pohon jati di lahan tersebut. “Jadi yang terbakar hanya lantainya (permukaan tanah, red) saja. Kalau kayunya nihil (tidak ada yang terbakar). Karena kayu jati itu sudah berumur 17 tahun dan cukup kuat,” tegasnya.

Guna mengurangi potensi kebakaran, pihaknya akan melakukan pembakaran secara lokal. “Kita akan buat kotak-kotak ukuran 10 x 10 meter, kemudian kita bakar (daun dan ranting kering di tanah),” jelas Karuniawan. Disinggung soal luas lahan yang terbakar, menurut Karuniawan sekitar 2–5 hektare.

Senada dengan kapolres, Karuniawan menduga kuat bahwa kebakaran itu terjadi karena indikasi perburuan hewan. “Biasanya, pemburu itu membakar daun supaya hewan seperti kijang atau babi hutan, masuk (Perangkap). Kadang juga oleh pemburu dipakai untuk penerangan,” jelas Karuniawan.

Terkait pelaku perburuan, Karuniawan menduga pelakunya adalah orang dari luar sekitar hutan Gunung Manggar. “Karena untuk masyarakat sekitar hutan, kesadarannya cukup tinggi menjaga hutan ini. Buktinya, semalam pas ada kebakaran, mereka kompak datang ke lokasi untuk memadamkan api,” tegasnya.

Ke depan, pihaknya akan melakukan operasisecara tertutup dengan melibatkan masyarakat, tokoh masyarakat, polisi dan TNI. “Kasus ini kita atensi betul supaya cepat tertangani. Kita juga akan tingkatkan sinergi dengan semua pihak, agar persoalan seperti ini tidak terjadi lagi,” pungkas Karuniawan.(Nang/Hms)

COMMENTS

Nama

Bisnis Desa Hukum Jember Kebudayaan Keriminal Kesehatan Kriminal Nasional Olahraga Olehraga Opini Pemerintah Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Prestasi Religi Sosial Sosialisasi Wisata
false
ltr
item
POTRET JEMBER.COM: Petugas Gabungan Berhasil Padamkan Kebakaran Hutan Gunung Manggar
Petugas Gabungan Berhasil Padamkan Kebakaran Hutan Gunung Manggar
https://1.bp.blogspot.com/-2wY4oNSmE4k/Wa12nV16QpI/AAAAAAAABG8/qQd66Unu2t43hmHMe6uhdpy3GZ5uJaNQQCLcBGAs/s320/IMG-20170904-WA0040.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-2wY4oNSmE4k/Wa12nV16QpI/AAAAAAAABG8/qQd66Unu2t43hmHMe6uhdpy3GZ5uJaNQQCLcBGAs/s72-c/IMG-20170904-WA0040.jpg
POTRET JEMBER.COM
http://www.potretjember.com/2017/09/petugas-gabungan-berhasil-padamkan.html
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/2017/09/petugas-gabungan-berhasil-padamkan.html
true
7543246334642126740
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy