Bupati Jember Faida: Hak-hak Anak Yatim Harus Terlayani Dengan Baik

POTRETJEMBER.COM, Jember -  Sebanyak seribuan anak yatim piatu se-Kabupaten Jember, yang berasal dari 31 kecamatan memenuhi Pendapa Wahya...


POTRETJEMBER.COM, Jember - Sebanyak seribuan anak yatim piatu se-Kabupaten Jember, yang berasal dari 31 kecamatan memenuhi Pendapa Wahyawibawagraha, Jum’at (13/10/2017) malam, kemarin.

Mereka berkumpul untuk memenuhi undangan Bupati Jember, dr Hj Faida, MMR dan juga Badan Amil Zakat nasional (Baznas) dalam program santunan anak yatim piatu.

Dalam sambutannya di hadapan ribuan anak yatim dan orang tua maupun wali yang mengantar, Bupati Faida berharap, anak yatim di Jember mendapat layanan dari pemerintah daerah dengan baik, mulai dari pendidikan, kesehatan hingga kepengurusan data kependudukan.

“Masalah anak yatim piatu ini banyak, bagaimana kita mengecek apakah mereka ini ada masalah biaya sekolahnya, apakah ada keluarganya yang sudah lansia, atau apakah ada anggota keluargannya yang sakit? Semua itu harus menjadi tanggung jawab kita bersama untuk membantu,” ujarnya.

Faida berkata, dari ribuan anak yatim piatu yang diundang, ada sekitar 100 anak yang diketahui belum memiliki akte kelahiran. Pihak Pemkab Jember akan bekerja sama dengan para camat, kepala desa, RT/RW untuk didata lebih dahulu.

“Untuk dibantu pengurusan akte kelahirannya, karena kartu adminduk itu juga penting bagi mereka,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Faida juga membuatkan rekening tabungan Bank Jatim, yang diserahkan langsung untuk 1.000 anak yatim piatu yang hadir dalam kegiatan tersebut. Tujuannya supaya mempermudah menyalurkan bantuan, dan pemerintah bisa memonitor setiap bulannya.

Ia berharap, pemberian santunan ini menjadi langkah awal dan ke depan menjadi inspirasi sehingga dapat diikuti oleh lembaga atau instansi lain, khususnya yang berada di Kabupaten Jember.

“Karena saya ingin di Jember ini data seluruh anak yatim piatu dimiliki Pemkab Jember. Itu semua tanggung jawab pemerintah agar jangan sampai mereka putus sekolah. Semoga dengan bantuan dari masyarakat Jember tidak ada lagi anak yatim piatu yang sampai terlantar dalam kehidupannya. Itu kewajiban kita bersama untuk membantu,” jelas Faida.

Acara santunan 1.000 anak yatim ini diselenggarakan atas kerjasama Baznas Jember dan Bupati Jember. Baznas adalah lembaga yang memiliki fungsi mengumpulkan dan menyalurkan zakat, infaq dan sedekah dari ummat Islam. Lembagai ini juga telah memiliki legitimasi yang diatur dalam Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah.

“Dalam Islam urusan mendustakan agama adalah orang yang menghardik anak yatim dan tidak mendorong memberi makan orang miskin [QS: Al Ma’un). Artinya agama bukan hanya sebatas kita sudah menghadap diri ke barat [kiblat], ruku’, sujud dan mengucapkan kalimah kalimah suci saja,” terang Ketua Baznas Jember, KH Misbahussalam.

Bukan hanya itu, Kiai Misbah melanjutkan, agama juga menggariskan bahwa belum dihitung manusia sebagai orang berbuat baik hingga menginfaqkan sebagian dari apa yang dicintai.

Kenapa anak yatim harus disantuni, tidak boleh dihardik, dibentak tapi harus di sayangi?

“Karena Islam mengajarkan konsep yang luar biasa dalam memikul tanggung jawab kemaslahatan ummat, yaitu konsep Islam tentang persaudaraan sejati. Tidaklah termasuk orang beriman diantara kamu hingga mengasihi saudaranya sebagaimana mengasihi dirinya sendiril,” terangnya.

Santunan 1000 anak yatim ini tidak hanya sekedar acara seremonial semata, tapi juga berlanjut dengan memikirkan kesejahteraan dan keberlangsungan pendidikan anak yatim tersebut, minimal sampai tingkat SLTA. Termasuk sudah dilakukan oleh Dispendukcapil tentang akte kelahirannya.

“Semoga santunan 1.000 anak yatim ini barokah dan manfaat,” harapnya.

Handoyo, salah seroang anak yatim asal Lingkungan Plindu, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari, mengaku sangat senang ketika diundang ke Pendapa Bupati, karena Ia baru pertama kali berkunjung ke tempat tersebut.

“Alhamdulillah, seneng, pertama kali ke Pendopo, juga dapet bantuan tabungan, terimakasih Bupati,” ucapnya. (*)

COMMENTS

Nama

Bisnis Desa Hukum Jember Kebudayaan Keriminal Kesehatan Kriminal Nasional Olahraga Olehraga Opini Pemerintah Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Prestasi Religi Sosial Sosialisasi Wisata
false
ltr
item
POTRET JEMBER.COM: Bupati Jember Faida: Hak-hak Anak Yatim Harus Terlayani Dengan Baik
Bupati Jember Faida: Hak-hak Anak Yatim Harus Terlayani Dengan Baik
https://2.bp.blogspot.com/-kLlFejajMj4/WfXHmbrjkuI/AAAAAAAABjs/5A3XzR1EyCwnGErxiSouo4ghVrgtSfwhACLcBGAs/s320/IMG-20171028-WA0028.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-kLlFejajMj4/WfXHmbrjkuI/AAAAAAAABjs/5A3XzR1EyCwnGErxiSouo4ghVrgtSfwhACLcBGAs/s72-c/IMG-20171028-WA0028.jpg
POTRET JEMBER.COM
http://www.potretjember.com/2017/10/bupati-jember-faida-hak-hak-anak-yatim.html
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/2017/10/bupati-jember-faida-hak-hak-anak-yatim.html
true
7543246334642126740
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy