Masyarakat Juga Bisa Ikut Mengawasi Rokok Ilegal Tanpa Cukai

POTRETJEMBER.COM, Jember - Program Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) lima tahun ini telah di tetapkan, menjadi pemandu jalannya ...


POTRETJEMBER.COM, Jember - Program Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) lima tahun ini telah di tetapkan, menjadi pemandu jalannya pembangunan dikabupaten setempat.

Termasuk tentang pengembangan Cukai Rokok di Kabupaten Jember, yang saat ini menjadi target sesuai dengan yang termuat dalam RPJMD tersebut. Sabtu (16/12/17)

Hadir dalam sosialisasi tersebut yakni dr Abdul Rochim yang juga suami Bupati Jember Faida, pihak kepolisian serta pelaku industri rokok dan tembakau.

"Masyarakat harus juga turut mengawasi peredaran rokok illegal atau tanpa cukai tersebut. Karena jika hal itu dibiarkan, maka yang dirugikan bukan hanya pemerintah, melainkan juga masyarakat itu sendiri, kata Kepala Disperindag Pemkab Jember Anas Ma'ruf.

Inilah rokok yang sangat merugikan pemerintah

Dana cukai yang dikucurkan oleh pemerintah pusat ke daerah menjadi salah satu penyumbang anggaran pembangunan di tingkat kabupaten, tuturnya.

Apalagi Jember dikenal dengan daerah penghasil tembakau terbesar di Indonesia. Jadi potensi cukai ini harus kita kawal bersama agar tak dinikmati para pengusaha industri rokok nakal,” ucapnya

Anas Ma’ruf menambahkan, selain untuk pembangunan, pihaknya juga berharap manfaat pembangunan tersebut juga bisa lebih menumbuhkan industri tembakau atau rokok. Namun yang jelas, Anas mewanti-wanti, harus memiliki aturan dan legalitas yang jelas, yaitu berupa kemasan rokok yang resmi bercukai.

“Ini menjadi tugas kita bersama bahwa masyarakat jangan sampai membeli atau mengonsumsi rokok ilegal atau rokok yang tidak memiliki bercukai resmi. Sebab ada akibat hukum yakni Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai. Selain itu, rokok tidak bercukai bisa menyebabkan kerugian pendapatkan pajak terhadap negara,” terangnya.

Di Jember sendiri, Anas menambahkan, sebaran untuk industri rokok berada di kawasan timur pinggiran yakni Kecamatan Kalisat, Kecamatan Sukowono, Kecamatan Jelbuk, Kecamatan Ledokombo maupun Kecamatan Sumberjambe.

“Kalau industri rokok tradisional lokal di Jember sebenarnya tidak terlalu besar, karena industri rokok terbesar masih didominasi perusahaan besar seperti Sampoerna dan Gudang Garam,” pungkasnya. (*)


COMMENTS

Nama

Bisnis Desa Hukum Jember Kebudayaan Keriminal Kesehatan Kriminal Nasional Olahraga Olehraga Opini Pemerintah Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Prestasi Religi Sosial Sosialisasi Wisata
false
ltr
item
POTRET JEMBER.COM: Masyarakat Juga Bisa Ikut Mengawasi Rokok Ilegal Tanpa Cukai
Masyarakat Juga Bisa Ikut Mengawasi Rokok Ilegal Tanpa Cukai
https://1.bp.blogspot.com/-uROh5iB8DwA/WjT7f6fDA8I/AAAAAAAAB44/cyy5SCDSpdwF4uvejrQLilEZE3rknfPFACEwYBhgL/s320/IMG-20171216-WA0029-768x576.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-uROh5iB8DwA/WjT7f6fDA8I/AAAAAAAAB44/cyy5SCDSpdwF4uvejrQLilEZE3rknfPFACEwYBhgL/s72-c/IMG-20171216-WA0029-768x576.jpg
POTRET JEMBER.COM
http://www.potretjember.com/2017/12/masyarakat-juga-bisa-ikut-mengawasi.html
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/2017/12/masyarakat-juga-bisa-ikut-mengawasi.html
true
7543246334642126740
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy