Bupati Faida Serahkan Bansos Kepada Korban Kebakaran Pasar Kencong

POTRETJEMBER.COM, Jember  - Realisasikan Bantuan Sosial (Bansos) bagi para pedagang Pasar Kencong korban kebakaran tahun 2005 lalu. Banso...


POTRETJEMBER.COM, Jember - Realisasikan Bantuan Sosial (Bansos) bagi para pedagang Pasar Kencong korban kebakaran tahun 2005 lalu. Bansos itu diserahkan langsung oleh Bupati Jember, dr. Faida, MMR, kepada 31 pedagang di Pendapa Wahyawibawagraha Pemerintah Kabupaten (Pemkab) jember. Senin (15/1/18)

"Hari ini kita bagikan buku tabungan yang isinya adalah realisasi bansos bagi pedagang Pasar Kencong korban kebakaran. Ini adalah hasil verifikasi tahap kelima," kata Bupati Faida, usai menyerahkan bansos yang digelar dengan sarapan bersama dengan pedagang.

Pada verifikasi tahap kelima atau tahap terakhir ini mengundang sebanyak 126 yang pedagang, dari 699 pedagang korban kebakaran yang sebagian telah diverifikasi tahap sebelumnya. Namun dari jumlah itu tercatat 114 pedagang yang memenuhi undangan. Bupati menjelaskan, setelah dilakukan verifikasi dan kroscek data oleh petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), ternyata hanya 31 pedagang yang dinyatakan lolos dan memenuhi kriteria sesuai nama-nama yang diputuskan oleh Pengadilan Negeri Jember.

"Setelah diverifikasi empat orang tidak termasuk didaftar, dan sebagian sudah dipindahalihkan ke orang lain. Jadi ada 31 pedagang yang lolos verifikasi dan ada dalam daftar pengadilan," tuturnya.


Nilai bantuan yang diterima para pedagang ini nilainya bervariasi yakni, mulai belasan juta hingga puluhan juta rupiah. Semisal bansos yang diterima oleh Nasipah sebesar Rp. 76 juta, Sumiati Rp. 19.700.000, Hanan Rp. 39.400.000, Astutik Rp. 56 juta, Lilik Sumarti Rp39 juta, Sulastri Rp23 juta, Supiatun Rp49 juta, Satinah Rp. 19 juta, Siti Muawanah Rp. 19 juta dan Salimi Rp. 16 juta.

Bedanya selisih nilai bansos tersebut, menurut Bupati Faida, karena berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan, mulai dari lokasi kios hingga besar kecilnya kios yang terbakar pada medio 2005 dan 2006 lalu juga berbeda, sehingga jumlah bantuan disesuaikan dengan kerugian para pedagang.

"Ini sudah tuntas semuanya dan sudah diverifikasi. Dari Rp. 3,7 miliar yang dianggarkan tahun 2017, terserap Rp. 829 juta. Karena berdasarkan hasil verifikasi, hanya 31 pedagang yang lolos, sedangkan yang dialihkan terpaksa tidak bisa dicairkan," terangnya.

Bagi pedagang penerima Bansos, Bupati Faida berpesan, agar bantuan tersebut digunakan untuk keperluan sesuai keputusan pengadilan. Misalnya untuk melunasi kios ukuran 2x2 meter maupun sebagai subsidi 25 persen kios yang ukurannya lebih besar. Dia juga mewanti-wanti agar uang yang diterima tidak digunakan untuk keperluan lain diluar yang telah ditetapkan oleh pengadilan.

Sementara itu, Martin Alamsyah Kamal, pedagang Pasar Kencong korban kebakaran mengapresiasi komitmen Pemkab Jember. Mewakili para pedagang, dia menyampaikan terimakasih kepada Bupati Faida, karena telah menuntaskan realiasi bansos tersebut sesuai dengan putusan pengadilan.

"Mudah-mudahan untuk kelanjutan ini tidak ada lagi permasalah di pasar terkait masalah bansos," ujarnya.

Kendati begitu, Martin tetap meminta kepada Disperindag Pemkab Jember, untuk mencari solusi terkait sejumlah pedagang yang dinyatakan tidak lolos verifikasi. Karena bagaimanapun, kata dia, bantuan tersebut merupakan hak yang harus diterima oleh pedagang yang namanya tercantum di putusan pengadilan.

"Ada 49 pedagang (yang tidak lolos verifikasi. Karena masalahnya sistem usulan atau pengajuan tidak sesuai dengan ketentuan pemerintah, ada yang sudah meninggal atau sudah pergi ke luar daerah. Sedangkan mekanisme usulan tidak boleh dialihkan atau dipindahtangankan ke orang lain. Khusus untuk yang meninggal, kami berharap bisa diterima oleh ahli warisnya," harapnya. (*)

COMMENTS

Nama

Bisnis Desa Hukum Jember Kebudayaan Keriminal Kesehatan Kriminal Nasional Olahraga Olehraga Opini Pemerintah Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Prestasi Religi Sosial Sosialisasi Wisata
false
ltr
item
POTRET JEMBER.COM: Bupati Faida Serahkan Bansos Kepada Korban Kebakaran Pasar Kencong
Bupati Faida Serahkan Bansos Kepada Korban Kebakaran Pasar Kencong
https://3.bp.blogspot.com/-mXBJqsXQJ1k/WlwujSz9ISI/AAAAAAAACJU/EXdY0u4imu84we4o-JhL3BQidostdU9bACLcBGAs/s320/DSC_7715.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-mXBJqsXQJ1k/WlwujSz9ISI/AAAAAAAACJU/EXdY0u4imu84we4o-JhL3BQidostdU9bACLcBGAs/s72-c/DSC_7715.JPG
POTRET JEMBER.COM
http://www.potretjember.com/2018/01/bupati-faida-serahkan-bansos-kepada.html
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/2018/01/bupati-faida-serahkan-bansos-kepada.html
true
7543246334642126740
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy