Polres Jember Lakukan Mediasi Antara STDI dan Tokoh NU

POTRETJEMBER.COM - Mediasi yang dilakukan oleh Polres Jember antara Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Safi'i (STDI) dengan tokoh ...


POTRETJEMBER.COM - Mediasi yang dilakukan oleh Polres Jember antara Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Safi'i (STDI) dengan tokoh Nahdlatul Ulama (NU), di Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Jember. Rabu (15/8/18)

Mediasi tersebut dilakukan karena adanya kesalahpahaman antara STDI dan tokoh NU Jember, yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas di Kabupaten Jember.

Kesepakatan bersama telah dicapai oleh kedua belah pihak, antara tokoh Ulama NU dan perwakilan dari Sekolah Tinggi Dirasati Islamiyah (STDI) Imam Syafi'i di Aula Kantor Kemenag Jember.

"Hari ini kita lakukan mediasi antara  STDI dan tokoh NU Jember, sebagai bentuk silaturahmi dan berdiskusi tentang adanya selentingan informasi yang mungkin bisa terjadi gangguan kamtibmas di Kabupaten Jember," kata Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo SH., S.I.K., MH

Kusworo menyampaikan dari hasil diskusi antara kedua belah pihak menghasilkan 6 poin yang disepakati diantaranya yakni, semangat menjaga ukhuwah islamiyah, watoniah dan basyariya. Saling menghargai dengan sikap bekerjasama pada hal-hal yang disepakati serta toleransi pada hal-hal yang berbeda.

Kusworo mengatakan bahwa masing-masing pihak menyampaikan aspirasinya dan keluh kesahnya. Ahirnya disitu dapat dilihat kesepakatan antara kedua belah pihak.

"Kedepannya bisa terjadi kesalahpahaman maka tetua dari kedua belah pihak bisa langsung berkomunikasi," tandasnya.

Sementara Ketua PCNU Jember KH. Abdullah Syaiful Arifin mengatakan, kesepakatan yang dicapai hasil diskusi tersebut memang tidak bisa disamakan satu sama lain. Karena masing-masing memiliki sebuah pandangan yang memiliki dasar yang jelas.

Maka kesepakatan yang diambil, menurut Gus Aab (panggilan sapaannya) konsep yang dipakai yakni bukan bersatu dalam kesepahaman tetapi memakai konsep bersama dalam perbedaan pemahaman. Yang paling utama menjaga toleransi dari kedua belah pihak.

"Hal ini bisa terjaga jika tetap pada koridor masing-masing tanpa harus saling meloncati satu sama lain. Kemudian juga, tidak perlu mempengaruhi masyarakat yang sudah memiliki paham. Kedepannya, akan dilakukan dialog akademis untuk saling menguatkan ukhuwah islamiyah," ungkapnya.


Hal senada juga disampaikan oleh Ketua STDI Dr. M. Arifin Badri, menyambut baik mediasi tersebut. Sebab, kegiatan ini merupakan sebuah masukan dan teguran kepada pihaknya.

Menurut Arifin, kedua belah pihak nantinya bisa saling membenahi dan memberikan masukan. Selanjutnya juga sebagai bentuk saling menghormati antar perbedaan.

Arifin menerangkan, bisa lebih mengedepankan Aqidah dan membentengi paham-paham yang tidak pas seperti liberalisme, komunisme dan syiah. Sehingga persatuan dan kesatuan bangsa bisa tejaga dengan lebih baik.

Prof. Halim Subahar Ketua MUI Jember mengatakan, hasil diskusi yang dicapai sangat baik dan kedepannya akan dilakukan sebuah debat ilmiah agar semua bisa mengetahui dasarnya.

Menurut Prof Halim, sebelum memberikan argumentasi kepada masyarakat maka perlulah sebuah pemahaman terlebih dahulu tentang paham diyakini.

Tentang kesalahapahaman tersebut, menurut Prof Halim harusnya pemerintah daerah bisa hadir untuk menengahi kondisi ini, bukan Kapolres saja. Karena kondisi tersebut berkaitan dengan persoalan keagaaman, gangguan kamtibmas dan persoalan bangsa.

Prof Halim mengatakan, jika pemerintah daerah bisa dengan sigap dengan kondisi tersebut, maka permasalahan ini bisa segera diselesaikan. Menurutnya, "Pemerintah daerah perlu membuat atau mengeluarkan aturan, agar gangguan yang muncul bisa segera diatasi dan pencegahannya langsung dari akarnya," pungkasnya. (Nang)

COMMENTS

Nama

Bisnis Desa Hukum Jember Kebudayaan Keriminal Kesehatan Kriminal Nasional Olahraga Olehraga Opini Pemerintah Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Prestasi Religi Sosial Sosialisasi Wisata
false
ltr
item
POTRET JEMBER.COM: Polres Jember Lakukan Mediasi Antara STDI dan Tokoh NU
Polres Jember Lakukan Mediasi Antara STDI dan Tokoh NU
https://2.bp.blogspot.com/-s0TsSc3iAeE/W3TCRjk6AsI/AAAAAAAADws/TNZnFDROVhkc8MrilVOp2gpVQlr_LqtpQCLcBGAs/s320/IMG-20180815-WA0049.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-s0TsSc3iAeE/W3TCRjk6AsI/AAAAAAAADws/TNZnFDROVhkc8MrilVOp2gpVQlr_LqtpQCLcBGAs/s72-c/IMG-20180815-WA0049.jpg
POTRET JEMBER.COM
http://www.potretjember.com/2018/08/polres-jember-lakukan-mediasi-antara.html
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/2018/08/polres-jember-lakukan-mediasi-antara.html
true
7543246334642126740
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy