Bupati Faida dan Masyarakat Kompak Tolak Tambang Emas Blok Silo

POTRETJEMBER.COM - Pertemuan Bupati Jember dr. Faida MMR dengan masyarakat Silo di Pendopo Kecamatan Silo, ini untuk membahas polemik pen...


POTRETJEMBER.COM - Pertemuan Bupati Jember dr. Faida MMR dengan masyarakat Silo di Pendopo Kecamatan Silo, ini untuk membahas polemik penetapan wilayah tambang emas di Kecamatan Silo. Jum'at (21/9/18)

Dalam pertemuan tersebut Bupati Faida didampingi Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Ifn. Arif Munawar dan seluruh SKPD Jember, mendapat dukungan masyarakat yang menolak tambang emas di Blok Silo.

Bupati Jember dr. Faida MMR mengatakan telah bertemu dengan Menteri ESDM Ignasius Jonan di Jakarta. Pertemuan dengan Menteri ESDM itu sekaligus menyerahkan surat keberatan Pemerintah Kabupaten Jember terkait dengan keluarnya SK Menteri ESDM, yang menyebut sekitar 4.000 hektar lahan di Kecamatan Silo menjadi wilayah tambang emas.

Pertemuan itu pun menghasilkan komitmen bersama antara Bupati Faida dengan Menteri ESDM untuk membatalkan wilayah tambang emas di Silo Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Tidak hanya dengan Menteri ESDM, Bupati Faida mengungkap bahwa Presiden RI Joko Widodo juga mendukung untuk pembatalan wilayah tambang di Silo.

Bupati juga menyatakan jaminannya apabila selama tidak ada lelang maka tidak ada penambangan di wilayah Silo. Jika ada, maka itu ilegal.

"Selama tidak ada proses lelang tidak akan bisa operasional tambang di Jember," kata Bupati Faida.

Langkah berikutnya, menurut Bupati Faida, yaitu meminta rekomendasi Gubernur Jawa Timur untuk pembatalan penetapan wilayah Silo sebagai wilayah penambangan.

Dengan rekomendasi dari Gubernur Jawa Timur tersebut maka Menteri ESDM akan mencabut SK yang menetapkan Silo sebagai wilayah penambangan emas.

Bupati berharap masyarakat Kecamatan Silo mempercayakan kepada pemerintah. Bupati Faida meminta masyarakat kembali bekerja seperti biasanya.

Dandim Arif Munawar berpesan agar masyarakat menjaga  kondusifitas dan mempercayakan serta mendukung pemerintah dalam menolak tambang.

Sementara itu Kepala Desa Pace Kecamatan Silo M Farhan mengungkapkan harapannya agar pemerintah pusat mencabut SK yang menetapkan Silo sebagai wilayah tambang emas

"Mencabut dengan nyata dan menghapus rekomendasi itu," kata Farhan.

Dia mengungkapkan selama ini banyak izin tambang emas, namun masyarakat konsisten menolak dengan berbagai cara seperti musyawarah. (*)

COMMENTS

Nama

Bisnis Desa Hukum Jember Kebudayaan Keriminal Kesehatan Kriminal Nasional Olahraga Olehraga Opini Pemerintah Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Prestasi Religi Sosial Sosialisasi Wisata
false
ltr
item
POTRET JEMBER.COM: Bupati Faida dan Masyarakat Kompak Tolak Tambang Emas Blok Silo
Bupati Faida dan Masyarakat Kompak Tolak Tambang Emas Blok Silo
https://3.bp.blogspot.com/-ByrRdjUkk6c/W6WVaba9soI/AAAAAAAAEEw/TVz48aX25XopiOQ5OZpdXFJsSqzRXcFEgCLcBGAs/s320/IMG-20180921-WA0122.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-ByrRdjUkk6c/W6WVaba9soI/AAAAAAAAEEw/TVz48aX25XopiOQ5OZpdXFJsSqzRXcFEgCLcBGAs/s72-c/IMG-20180921-WA0122.jpg
POTRET JEMBER.COM
http://www.potretjember.com/2018/09/bupati-faida-dan-masyarakat-kompak.html
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/2018/09/bupati-faida-dan-masyarakat-kompak.html
true
7543246334642126740
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy