Dilarang Masuk...! Wartawan Jember Boikot Festival Egrang Tanoker

POTRETJEMBER.COM - Wartawan Jember dari berbagai media yakni Online, Cetak, dan Televisi yang akan meliput agenda Festival Egrang yang Ke...


POTRETJEMBER.COM - Wartawan Jember dari berbagai media yakni Online, Cetak, dan Televisi yang akan meliput agenda Festival Egrang yang Ke-9 di Komunitas Tanoker yang berada di wilayah Kecamatan Ledokombo, memurungkan niatnya untuk meliput kegiatan yang di hadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise Susana. Sabtu (22/9/18)

Para jurnalis ini justru melakukan memboikot agenda tahunan tersebut, karena merasa dihalang-halangi oleh panitia penyelenggara Festival Enggrang Tanoker.

Hamka, salah seorang jurnalis yang turut melakukan aksi protes itu menyatakan pewarta, di Jember sepakat memboikot acara yang dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise Susana ini.

Karena menurut dia, sejak awal para wartawan diombang-ambingkan oleh panitia. Bahkan, sempat dilarang memasuki lokasi dengan alasan yang tidak jelas.

Awalnya, Hamka menjelaskan, para wartawan diminta meliput festival tahunan yang telah menjadi salah satu ikon wisata Jember ini di area Polsek Ledokombo. Ternyata, sesampainya di kantor polisi yang juga menjadi start pawai engrang, mereka malah diminta balik kanan oleh petugas. Padahal sebelumnya salah seorang panitia menjelaskan, di titik start itu wartawan bisa mewawancarai Menteri Yohana.

“Akhirnya kami memutuskan, kalau memang tidak boleh wawancarai Ibu Menteri berarti kami juga tidak boleh meliput festival engrang,” katanya.


Sebenarnya, sambung jurnalis televisi ini, juru warta sempat meminta Humas Pemkab Jember untuk melobi panitia agar memfasilitasi wartawan mewawancarai Menteri Yohana. Namun, usulan itu bukannya diterima, justru ada salah seorang panitia yang mengatakan sebaiknya para awak media pulang saja, dan tak usah meliput agenda tersebut.

“Padahal kami datang kesini atas undangan. Dan saat itu kami juga sudah menunjukkan ID Card dari Panitia Tanoker, tapi tetap tidak boleh masuk,” ujarnya.

Merasa kerja jurnalistiknya dihalang-halangi, para pekerja media ini berupaya menemui ketua panitia untuk menyampaikan protes secara langsung. Namun, lagi-lagi upaya yang dilakukan tak menuai hasil. Meski begitu, ada perwakilan panitia bernama Titin yang berusaha menjelaskan ke wartawan atas insiden tersebut.

Kepada sejumlah wartawan, Titin beralasan, bisa jadi insiden itu bukan pelarangan, tapi hanya sikap yang ditunjukkan panitia yang bertugas menjaga pintu tersebut hek-metehek atau arogan. Karena panitia itu khawatir banyak orang yang akan masuk ke Tanoker, yang menjadi lokasi Menteri Yohana singgah. “Karena memang, di dalam tadi kemasukan sekitar enam orang,” dalihnya.

Penjelasan Titin ini, tak mendinginkan suasana, justru menambah kondisi kian memanas. Selanjutnya, para pekerja media meminta bertemu dengan panitia yang melarang wartawan masuk ke area Tanoker, serta bertemu langsung ketua panitia penyelenggara saat itu juga. Mendengar permintaan itu, Titin mengaku ketua panitia masih sibuk, dan tak bisa menemui wartawan secara langsung.

“Mohon maaf, Mas. Kami atas nama panitia minta maaf. Nanti, saat ada evaluasi akan kami sampaikan. Nanti saya minta kartu namanya yang mau minta ketemu. Nanti saya sampaikan,” ucap Titin. Wartawan menolak tawaran Titin. Kemudian mereka melanjutkan aksi boikot dengan meletakkan kartu pers, serta tanda pengenal wartawan dari  panitia. Ini sebagai simbol aksi protes yang dilakukan tersebut. (*)

COMMENTS

Nama

Bisnis Desa Hukum Jember Kebudayaan Keriminal Kesehatan Kriminal Nasional Olahraga Olehraga Opini Pemerintah Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Prestasi Religi Sosial Sosialisasi Wisata
false
ltr
item
POTRET JEMBER.COM: Dilarang Masuk...! Wartawan Jember Boikot Festival Egrang Tanoker
Dilarang Masuk...! Wartawan Jember Boikot Festival Egrang Tanoker
https://2.bp.blogspot.com/-SO4IzHnQ_no/W6ZaEvHfAUI/AAAAAAAAEE8/v7ovQ7fXPBQqaQL3Mnz-QfJtbn4w7ITywCLcBGAs/s320/IMG_20180922_220246.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-SO4IzHnQ_no/W6ZaEvHfAUI/AAAAAAAAEE8/v7ovQ7fXPBQqaQL3Mnz-QfJtbn4w7ITywCLcBGAs/s72-c/IMG_20180922_220246.jpg
POTRET JEMBER.COM
http://www.potretjember.com/2018/09/dilarang-masuk-wartawan-jember-boikot.html
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/2018/09/dilarang-masuk-wartawan-jember-boikot.html
true
7543246334642126740
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy