Tim Saber Pungli Tetapkan Ka. Dispendukcapil dan Satu Calo Jadi Tersangka OTT Pungli

POTRETJEMBER.COM - Tim Saber Pungli Jember menetapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ka. Dispendukcapil) Kab. Jember ber...


POTRETJEMBER.COM - Tim Saber Pungli Jember menetapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ka. Dispendukcapil) Kab. Jember berinisial (SW) dan salah seorang warga sipil berinisial (K) yang posisinya sebagai pengepul atau Calo, dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Tim Saber Pungli Rabu (31/10/18) Malam di Kantor Dispenduk Capil Jember. Jum'at (2/11/18)

Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo SH., S.I.K., MH, dalam Press Conference di halaman Mapolres Jember mengatakan, penetapan dua tersangka, ini merupakan hasil pengembangan penyelidikan terhadap 20 saksi saksi yang diamankan saat  OTT.

Kejadian ini Menurut Kusworo, berangkat dari keluhan masyarakat yang sejak awal tahun 2018, masyarakat yang ngurus Adminduk harus mengantri di Dispendukcapil maupun di Roxy mulai subuh, dan jadinya melalui proses yang cukup panjang dan bisa berbulan-bulan untuk mendapatkan KTP.

“Disitu masyarakat memberikan informasi, baik melalui Media Sosial (Medsos) maupun datang di Kepolisian dan Kejaksaan bahwa untuk mendapatkan KTP itu membutuhkan waktu berbulan-bulan, tapi untuk mendapatkan dalam satu hari itu lewat jalur belakang menggunakan biaya”, jelasnya.

Berdasarkan hal itu Forkopimda sepakat untuk melakukan penyelidikan dan dari hasil penyelidikan tersebut, akhirnya dilakukan operasi tangkap tangan terhadap 20 oknum PNS, honorer, operator, dan calo diduga melakukan pungli berkaitan dengan pelayanan publik, yaitu pengurusan KTP, KK dan Akte Kelahiran.

“Dari OTT tersebut kami melakukan pemeriksaan terhadap 20 orang, yang mereka kemaren berkapasitas sebagai saksi, namun kemaren Kamis (1/11/18) sore kami menetapkan dua orang sebagai tersangka, yaitu Kadispendukcapil dan salah-seorang sipil inisial K," ungkapnya.

Dari situ penyidik mendapatkan rangkaian peristiwa, dimana tersangka K ini, melalui kaki tangannya terhadap pemohon KTP, KK dan Akte Kelahiran untuk memungut biaya, 1 berkas KTP, KK dan Akte Lahir, masing-masing Rp. 100 ribu dan KIA Rp. 25 ribu.

“Kegiatan dimulai Maret 2018, dengan indek rata-rata perhari antara 1,5 juta sampai 9 juta, dan perminggu 30-35 juta, teknisnya juga variatif tergantung komando, tidak setiap hari, pemohon memberikan ke K, lalu ke Sopir dan ke Kadispenduk, kemudian diproses, untuk dananya langsung diserahkan ke Kepala Dinas” ungkapnya.

Sedadangkan uang  yang diamankan saat operasi OTT sebesar Rp 10 juta, namun dimana saja uang itu mengalir, masih dalam proses pengembangan. “Pemeriksaannya kan baru satu hari, masih belum ada persesuaian, sehingga belum dapat menyimpulkan, termasuk apa nanti ada tersangka baru”, lanjutnya.

Barang bukti yang diamankan, uang Rp 10 juta dan 236 dolar Singapore, hp, flasdis, kartu ATM dan berbagai berkas KTP, KK, KIA, Akte Lahir.

Berdasarkan rangkain peristiwa ini Kusworo menyampaikan kepada bupati Jember, agar jangan sampi peristiwa OTT  ini menghambat jalannya pelayanan kepada masyarakat. “Insya-Allah sudah ada komunikasi dengan Bupati, akan segera mengankat plt”, kata Kusworo.


Dirinya juga sudah berkoordinasi dengan Pemkab, termasuk Inspektorat, Intinya semua Forkompimda ingin merubah pelayanan menjadi lebih baik lagi untuk masyarakat, jadi Gol settingnya adalah bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi.

Menurut Kapolres Jember AKBP Kusworo wibowo, Penetapan Kedua tersangka tersebut setelah tim Saber pungli melakukan pemeriksaan selama 1x24 jam terhadap 20 Saksi .

"Setelah kami melakukan pemeriksaan terhadap 20 saksi semuanya mengarah pada kedua tersangka yakni (SW) Ka. Dispendukcapil Kab.Jember dan warga sipil berinisial (K), dan kegiatan Pungli itu yang dilakukan mulai sejak bulan Maret yang lalu," terangnya.

Kusworo menjelaskan, Tersangka (K) melalui kaki-tangannya memasang biaya pengurusan jalur khusus ( lewat jalur belakang ) untuk KTP, Akte Kelahiran dan KK sebesar Rp. 100.000 perberkas.

Sedangkan untuk KIA sebesar Rp. 25.000 perberkas. Indeks pendapatan tersangka dalam satu harinya bisa mencapai Rp. 1.000.000 sampai Rp. 9.000.000 dan dalam satu minggu bisa mencapai antara Rp. 30.000.000 sampai Rp. 35.000.000.

Metode yang digunakan tersangka ini dengan cara Kaki-tangan tersangka (K) mengumpulkan berkas dan biaya yang sudah disepakati dari pemohon yang kemudian diserahkan pada tersangka (K), dari tersangka (K) diserahkan ke sopir Ka. Dispendukcapil yang kemudian diproses. Sedangkan terkait dengan dananya tersangka (K) langsung berhubungan dengan Ka. Dispendukcapik Kab. Jember. Menurut keterangan tersangka (K) semua dana dibayarkan secara kontan.

Atas perbuatannya tersangka (SW) Ka. Dispendukcapil Kab. Jember yang berstatus ASN akan dikenakan pasal 12 UU Tipikor dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun penjara. Sedangkan untuk tersangka (K) dikenakan pasal 5 UU korupsi dengan ancaman hukuman minimal 1 tahun dan maksimal 5 tahun penjara. (*)

COMMENTS

Nama

Bisnis Desa Hukum Jember Kebudayaan Keriminal Kesehatan Kriminal Nasional Olahraga Olehraga Opini Pemerintah Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Prestasi Religi Sosial Sosialisasi Wisata
false
ltr
item
POTRET JEMBER.COM: Tim Saber Pungli Tetapkan Ka. Dispendukcapil dan Satu Calo Jadi Tersangka OTT Pungli
Tim Saber Pungli Tetapkan Ka. Dispendukcapil dan Satu Calo Jadi Tersangka OTT Pungli
https://4.bp.blogspot.com/-h1s1cZ_Djy4/W9wARih8CcI/AAAAAAAAEU8/VKhRxfbXIiYwrjpsyf3TVQkTJOBEwWWDACLcBGAs/s320/IMG_20181102_102621.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-h1s1cZ_Djy4/W9wARih8CcI/AAAAAAAAEU8/VKhRxfbXIiYwrjpsyf3TVQkTJOBEwWWDACLcBGAs/s72-c/IMG_20181102_102621.jpg
POTRET JEMBER.COM
http://www.potretjember.com/2018/11/tim-saber-pungli-tetapkan-ka.html
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/2018/11/tim-saber-pungli-tetapkan-ka.html
true
7543246334642126740
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy