Wabup Muqit: Pahami Islam Sebagai Pemersatu NKRI

POTRETJEMBER.COM - Memahami Islam Nusantara adalah bagaimana memahami Islam yang selalu bersinergi dan selalu akomodatif dengan nilai-nil...


POTRETJEMBER.COM - Memahami Islam Nusantara adalah bagaimana memahami Islam yang selalu bersinergi dan selalu akomodatif dengan nilai-nilai budaya. Karena selama ini masih ada beberapa pihak yang salah paham dengan Islam Nusantara, yang saat ini sedang gencar bergulir di tengah masyarakat.

Hal tersebut di sampaikan Wakil Bupati Muqit Arief saat menghadiri Rapat Terbuka yang digelar di Gedung Kuliah Terpadu lantai tiga untuk pengukuhan Profesor Prof. Dr. M. Noor Harisuddin, M. Fil. I. dalam bidang Ilmu Usul Fiqih. Senin (19/11/18)

"Padahal, Islam Nusantara itulah yang sangat cocok untuk keindonesiaan kita," tutur Wabup

Wabup Muqit menjelaskan, memahami Islam Nusantara adalah bagaimana memahami Islam yang selalu bersinergi dan selalu akomodatif dengan nilai-nilai budaya. 

"Pemahaman seperti itu, menjadi sesuatu yang sangat penting. Titik akhir pemahaman ini dalam rangka mempertahankan NKRI," kata Wabup Muqit Arief

Prof. Dr. M. Noor Harisuddin, M. Fil. I. menjadi profesor ketujuh yang dikukuhkan civitas IAIN Jember. Dalam pengukuhan itu Prof. Dr. M. Noor Harisuddin, M. Fil. I. menyampaikan orasi ilmiahnya dengan judul Fiqih Nusantara. 

Noor Harisuddin menjelaskan bahwa Fiqih Nusantara menjadi sesuatu yang bisa mengharmoniskan dan menyelaraskan agama, negara, dan adat. 

"Dengan menjadi bagian dalam Fiqih Nusantara, kita bisa menjadi seorang Indonesia, seorang muslim, tidak ada pertentangan antara Jawa, Indonesia, dan muslim. Ketiganya bisa diselaraskan dengan Islam Nusantara dan Fiqih Nusantara," terangnya.

Kontribusi Fiqih Nusantara pada penguatan NKRI, lanjutnya, salah satunya yaitu bentuk penguatan terhadap konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Penguatan tersebut nampak saat Nahdlatul ulama pada tahun 1936 menyebutkan Darul Islami atau negara atau wilayah Islam, bukan negara khilafah. 

Sementara Rektor IAIN Jember, Prof. Dr. H. Babun Suharto, S.E M.M, menyampaikan, kita sedang berada di posisi gerakan-gerakan yang melanggar ideologi bangsa, yang dapat menyebabkan hancurnya NKRI dengan mengatasnamakan agama. "Sehingaa fiqih nusantara dapat digunakan dalam menguatkan hukum di Indonesia," terang Babun.

Babun berharap Prof. Dr. M. Noor Harisuddin, M. Fil. I. melalui fiqih nusantara, dapat menjadikan generasi yang mampu menjaga nilai-nilai bangsa, ideologi Pancasila, dan undang-undang dasar 1945. (*)

COMMENTS

Nama

Bisnis Desa Hukum Jember Kebudayaan Keriminal Kesehatan Kriminal Nasional Olahraga Olehraga Opini Pemerintah Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Prestasi Religi Sosial Sosialisasi Wisata
false
ltr
item
POTRET JEMBER.COM: Wabup Muqit: Pahami Islam Sebagai Pemersatu NKRI
Wabup Muqit: Pahami Islam Sebagai Pemersatu NKRI
https://1.bp.blogspot.com/-scMd-BY-nb4/W_LEFV5mOJI/AAAAAAAAEaE/Sz2mCdlzG0MsNaGREXDHqtPE2wtYFhg2wCLcBGAs/s320/IMG-20181119-WA0174.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-scMd-BY-nb4/W_LEFV5mOJI/AAAAAAAAEaE/Sz2mCdlzG0MsNaGREXDHqtPE2wtYFhg2wCLcBGAs/s72-c/IMG-20181119-WA0174.jpg
POTRET JEMBER.COM
http://www.potretjember.com/2018/11/wabup-muqit-pahami-islam-sebagai.html
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/2018/11/wabup-muqit-pahami-islam-sebagai.html
true
7543246334642126740
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy