Maksimalkan Penolakan Tambang Blok Silo, Bupati Faida Tempuh Jalur Nonlitigasi

POTRETJEMBER.COM - Jakarta, Tidak cukup berkirim surat kepada sejumlah pihak yang berkompeten, Bupati Jember dr. Faida, MMR akhirnya mene...


POTRETJEMBER.COM - Jakarta, Tidak cukup berkirim surat kepada sejumlah pihak yang berkompeten, Bupati Jember dr. Faida, MMR akhirnya menempuh jalur mediasi melalui sidang nonlitigasi di Kementerian Hukum dan HAM.

Jalur ini, terdapat agenda sidang pemeriksaan penyelesaian sengketa pertauran perundang-undangan melalui jalur nonlitigasi yang nantinya akan menghasilkan sebuah rekomendasi. Jum'at (14/12/18)

Dalam hal ini, materi pokok yang disengketakan adalah terbitnya Keputusan Menteri ESDM No. 1802 tanggal 23 April 2018 soal Wilayah Ijin Usaha Pertambangan (WIUP) Blok Silo seluas 4000 ha lebih dengan jenis pengusahaan bahan mineral logam emas.

Bupati Faida menyatakan bahwa upaya ini adalah upaya maksimal untuk menuntaskan persoalan tambang emas Silo. “Bukan hanya masyarakat Silo dan sekitarnya yang menolak, tetapi seluruh masyarakat Jember, dan bukan hanya saat ini saja kami menolak, tetapi sudah mulai puluhan tahun lalu. Nah dengan terbitnya WIUP Blok Silo ini sangat meresahkan masyarakat. Untuk itu kami menempuh jalur yang sudah disediakan pemerintah melaui sidang nonlitigasi ini,” ujarnya.

Bupati Faida berharap bahwa nantinya tidak ada lagi Blok Silo, karena masyarakat bersama pemerintah telah berupaya untuk mengembangkan perekonomian melalui bidang-bidang yang lain.

Menariknya, dalam sidang perdana yang digelar Jumat siang (14/12/2018) di Gedung Kementerian Hukum dan HAM Jakarta,  terungkap bahwa pengajuan Blok Silo dilakukan pada 29 Februari 2016 oleh Pemerintah Propinsi Jawa Timur kepada Kementerian ESDM.

Hal ini berdasar kepada aturan UU no 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang menarik kewenangan pemerintah Kabupaten/Kota untuk lelang kepada pemerintah propinsi.

Sayangnya, dari pihak Pemprof Jatim yang diwakili oleh Dinas ESDM Propinsi Jatim, tidak bisa memastikan apakah sebelum pengajuan wilayah Blok Silo untuk dijadikan wilayah tambang logam emas, sudah berkoordinasi dan meminta persetujuan dari Pemkab Jember.

Padahal, dalam PP no 23 tahun 2010, telah dijabarkan soal koordinasi penerbit perijianan dengan pemerintahan di bawahnya (propinsi, kabupaten/kota, red).

“Kita akan koordinasikan terlebih dahulu untuk memastikan apakah ada rekomendasi dan koordinasi antara pemprov dan Pemkab Jember waktu itu,” ungkap Harsusilo, perwakilan dari ESDM Propinsi Jatim.


Sementara perwakilan dari Kementerian ESDM menegaskan bahwa sesuai aturan, memang kewenangan pengajuan wilayah tambang ada di pemerintah propinsi.

“Tapi dalam aturan itu pula disebutkan bahwa pemerintah propinsi harus melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan kabpaten/kota dimana lokasi tambang berada, dan asumsi kami bahwa pada saat itu, Pemprov Jatim telah berkoordinasi dengan Pemkab Jember. Memang tidak disebutkan dengan jelas bentuk koordinasi itu, apakah dengan surat atau sekedar rapat koordinasi,” ungkap Soni Hadi, dari Kementerian ESDM.

DI lain pihak, Bupati Jember Faida menegaskan semenjak dirinya dilantik pada 17 Februari 2016 lalu, pihaknya sama sekali belum pernah diajak berkoordinasi soal Blok Silo.

“Kita juga sudah telusuri dokumen-dokumen, dan tidak ada satupun soal persetujuan atau bahwa hingga saat ini, tidak ada dokumen apapun soal Blok Silo. Tapia da yang lebih besar dari soal koordinasi. Yang perlu ditandaskan adalah semua masyarakat Jember menolak tambang emas Blok Silo, dan kami tidak ingin situasi menjadi tidak kondusif, sehingga kami sangat berharap ada revisi atau peninjauan kembali soal Keputusan Menteri WIUP Blok Silo,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Bupati Faida gubernur juga memiliki kewajiban untuk melakukan verifikasi soal rencana tata ruang di wilayah tambang yang akan diajukan.

"Bahwa Gubernur tidak hanya memiliki kewajiban untuk berkoordinasi dengan Pemkab terkait usulan penetapan WIUP. Di dalam Kepmen ESDM No 1798 tentang Petunjuk Teknis penetapan WIUP, Gubernur memiliki kewajiban untuk  memverifikasi lokasi tambang berada pada Rencana Tata Ruang Kabupaten Jember, informasi pemanfaatan lahan, karakteristik budaya masyarakat berdasarkan kearifan lokal, termasuk daya dukung lingkungan sebelum mengajukan usulan penetapan WIUP ke Kementrian ESDM,” tambahnya.

Sayangnya, lagi-lagi perwakilan dari Pemprov Jatim tidak mampu menunjukkan bukti-bukti seperti yang diminta.

Sedangkan salah satu Majelis Pemeriksa dalam sidang nonlitigasi, Jimy Z Usfan menyatakan bahwa meskipun kewenangan lelang WIUP ada di propinsi dan saat ini bisa jadi Pemprov Jatim tidak melakukan lelang, namun suatu saat Blok Silo masih terbuka untuk dilelang.

“Kita sayangkan dari Pempov Jatim belum bisa memastikan koordinasinya dengan Pemkab Jember, tetapi kalau memang ada kesalahan prosedur, kita akan meminta keputusan menteri untuk ditinjau kembali,” ujarnya.

Sidang akhirnya ditunda dengan pemberitahuan lebih lanjut untuk mengumpulkan lebih banyak bukti-bukti dan keterangan pihak-pihak terkait. Dalam sidang ada ini ada 5 majelis pemeriksa, yakni Agus Riwanto, Jimy Z Usfwan, Nasrudin, Ardiansyah dan Ninik Hariwati, serta 1 orang ahli.

Selain itu, pihak-pihak yang berkompeten dan hadir dalam persidangan adalah pihak Pemprov Jatim, Kementerian ESDM dan Pemkab Jember. (*)

COMMENTS

Nama

Bisnis Desa Hukum Jember Kebudayaan Keriminal Kesehatan Kriminal Nasional Olahraga Olehraga Opini Pemerintah Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Prestasi Religi Sosial Sosialisasi Wisata
false
ltr
item
POTRET JEMBER.COM: Maksimalkan Penolakan Tambang Blok Silo, Bupati Faida Tempuh Jalur Nonlitigasi
Maksimalkan Penolakan Tambang Blok Silo, Bupati Faida Tempuh Jalur Nonlitigasi
https://4.bp.blogspot.com/-5gvCImHx3u0/XBOeqH5GfSI/AAAAAAAAEm4/H_ET2PzpefMU-TnTR1EB-T6e7829J-MOACLcBGAs/s320/IMG-20181214-WA0080.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-5gvCImHx3u0/XBOeqH5GfSI/AAAAAAAAEm4/H_ET2PzpefMU-TnTR1EB-T6e7829J-MOACLcBGAs/s72-c/IMG-20181214-WA0080.jpg
POTRET JEMBER.COM
http://www.potretjember.com/2018/12/maksimalkan-penolakan-tambang-blok-silo.html
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/2018/12/maksimalkan-penolakan-tambang-blok-silo.html
true
7543246334642126740
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy