Pemkab Jember Gelar Tasyakuran "Nganyari Pasar" Bersama Ratusan Pedagang Pasar Tradisional

POTRETJEMBER.COM - Pemerintah Kabupaten Jember menggelar Syukuran "Nganyari Pasar" dengan mengundang ratusan pedagang pasar tra...


POTRETJEMBER.COM - Pemerintah Kabupaten Jember menggelar Syukuran "Nganyari Pasar" dengan mengundang ratusan pedagang pasar tradisional di Aula PB. Soedirman Pemkab Jember. Sabtu (4/5/2019)

Dalam acara tasyakuran tersebut di hadiri pula Wakil Bupati Jember Muqit Arief serta Kepala Cabang BTN Jember, Holi Osri. BTN menjadi mitra pemerintah dalam mengelola dana retribusi pasar tradisional, beserta Forkompimda Kabupaten Jember.

Bupati Jember dr. Faida, MMR menjelaskan program revitalisasi yang dimulai pada tahun 2018, dengan merevitalisasi 12 pasar menggunakan anggaran sebesar Rp. 90 - 100 miliar, sembilan dari 12 pasar tersebut sudah siap untuk ditempati.

Pedagang yang direlokasi di pasar penampungan sementara bisa pindah. Untuk itu, tiga pasar sudah bisa memulai tahap pemindahan dagangan.

"Hari ini kita melakukan selamatan nganyari pasar bersama pedagang supaya pasar yang baru ini akan berkah, pembeli dan pedagang bisa senang," kata Bupati.

Bupati mengatakan, untuk tahun 2019 ini, pemerintah akan menyelesaikan lagi 15 revitalisasi pasar tradisional lainnya. Khusus Pasar Tanjung, yang menjadi pasar induk, membutuhkan empat tahap renovasi. "Hari ini saya melihat para pedagang kita bergembira. Namun ada juga yang belum bisa pindahan," jelasnya.

Lanjut Bupati, pedagang yang belum bisa pindah seperti pedagang ayam hidup, yang belum mendapatkan tempat dan akan mengikuti revitalisasi pasar burung.

Bupati menegaskan, pindahan ini bukan sekedar pindahan. Pindahan ini juga menata ulang, dengan mengelompokkan pedagang menurut bahan dagangannya. Ini untuk memudahkan pembeli mencari kebutuhannya.

Pindahan ini juga sekaligus untuk memperbaiki manajemen keuangan pasar. Salah satunya bekerjasama dengan perbankan untuk e-retribusi. "Sekarang retribusi tidak lagi bayar ke orang per orang, tetapi cukup pakai kartu e-retribusi," bupati.

Dengan e-retribusi, begitu pedagang membayar maka langsung masuk ke kas Pemerintah Kabupaten Jember. "Untuk uji coba dilakukan di tiga pasar tradisional. Setelah uji coba selesai akan dilakukan di semua pasar," ungkapnya.

Untuk tahun 2019, pemerintah menganggarkan sekitar Rp. 170 milyar untuk revitalisasi pasar tradisional.

Revitalisasi ini juga akan membuat pedagang yang ada di pinggiran bisa berjualan di lapak yang terletak di lantai dua. Sementara lahan yang biasa dibuat lapak bisa menjadi perluasan parkir.

Para pedagang yang pindahan ini tidak perlu membayar untuk mendapatkan kios. Kios tidak diperjualbelikan. Cukup membayar retribusi. "Apabila tiga bulan berturut-turut tidak ditempati maka ditarik menjadi aset pemerintah," jelasnya.

Sementara Kepala cabang BTN Jember, Holi Osri, mengatakan, pihaknya menyiapkan mesin retribusi di tiga pasar yang sudah bekerjasama yaitu Pasar Patrang, Umbulsari, dan Mangli.

"Kami menyiapkan mesin, termasuk dengan aplikasinya yang sifatnya online dengan sistem pembukuan Pemda," terangnya.

BTN memberikan kartu kepada pedagang untuk alat membayar retribusi. "Cukup tap pada mesin yang sudah disediakan, selanjutnya akan terpotong saldo yang ada di kartu," jelasnya.

Di Mangli sudah terbagi 91 kartu e-retribusi.
"Mereka nanti menabung ke BTN, dan petugas kami setiap hari keliling ke pasar. Kami siap mendukung Pemkab untuk menambah mesin baru ketika Pemkab sudah siap," pungkasnya. (*)

COMMENTS

Nama

Bisnis Desa Hukum Jember Kebudayaan Keriminal Kesehatan Kriminal Nasional Olahraga Olehraga Opini Pemerintah Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Prestasi Religi Sosial Sosialisasi Wisata
false
ltr
item
POTRET JEMBER.COM: Pemkab Jember Gelar Tasyakuran "Nganyari Pasar" Bersama Ratusan Pedagang Pasar Tradisional
Pemkab Jember Gelar Tasyakuran "Nganyari Pasar" Bersama Ratusan Pedagang Pasar Tradisional
https://4.bp.blogspot.com/-T7fCCYbcva0/XM2umg-KooI/AAAAAAAAFdg/LbzQfHXZ918FIUzQx8G63zDART6u94xtwCLcBGAs/s320/IMG-20190504-WA0088.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-T7fCCYbcva0/XM2umg-KooI/AAAAAAAAFdg/LbzQfHXZ918FIUzQx8G63zDART6u94xtwCLcBGAs/s72-c/IMG-20190504-WA0088.jpg
POTRET JEMBER.COM
http://www.potretjember.com/2019/05/pemkab-jember-gelar-tasyakuran-nganyari.html
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/2019/05/pemkab-jember-gelar-tasyakuran-nganyari.html
true
7543246334642126740
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy