Pangkogabwilhan II Potret Kondisi Real Pelaksanaan Protokol Kesehatan di Lapangan Secara Incognito

POTRETJEMBER.COM - Jakarta , Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II, Marsdya TNI Imran Baidirus melakukan pemanta...



POTRETJEMBER.COM - Jakarta, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II, Marsdya TNI Imran Baidirus melakukan pemantauan lapangan terkait dengan dipastikannya protokol kesehatan dilaksanakan oleh masyarakat. 

Pemantauan secara incognito termasuk tanpa pengawalan itu dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran real di lapangan. Hasil dari pemantauan lapangan ini dimaksudkan untuk kepentingan pemulihan kehidupan ekonomi masyarakat di Wilhan II. Minggu (30/8/2020)

Dalam pemantauan tersebut, Imran Baidirus bersama-sama dengan Staf Ahli Menhub, Cris Kuntadi dan Konsultan Komunikasi Publik, AM Putut Prabantoro. Pemantauan tersebut diawali dari Stasiun Gubeng Surabaya pada Jumat (28/08/2020), Stasiun Kereta Api Madiun, Stasiun Tugu Yogyakarta  dan berakhir di Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Kulon Progo pada Minggu (30/08/2020).

Menurut penjelasan melalui rilisnya pada Minggu (30/08/2020), Imran Baidirus menegaskan pihaknya ingin membantu pemerintah daerah yang berada di Wilhan II dalam pemulihan kegiatan ekonomi di masyarakat. Hanya saja, pemulihan ekonomi itu baru dapat ditingkatkan jika dapat dipastikan masyarakat mematuhi protokol kesehatan.  

“Pemantauan secara incognito dilakukan agar dapat memotret kondisi real pelaksanaan protokol kesehatan oleh masyarakat. Dan, saya tidak ingin merepotkan pemerintah daerah setempat jika pemantauan dilakukan secara formal. Kegiatan ini dimulai sejak Jumat hingga Minggu, dari Surabaya sejak Jumat hingga bandara baru Yogyakarta. Dalam pemantauan ini saya bertemu dengan beberapa pihak terkait atau tokoh masyarakat,” ujar Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Imran Baidirus.

Sebagai orang nomor satu di Wilhan II yang daerahnya meliputi Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Madura, Bali, NTB, NTT, Sulawesi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara, Imran Baidirus memilih Surabaya sebagai kota pertama dalam pemantauan. Pemantauan dilakukan terutama di pusat-pusat transportasi. Selain itu, Pangkogabwilhan II itu juga memotret dinamika kehidupan masyarakat dalam masa new normal terkait dengan protokol kesehatan 

“Stasiun dipilih sebagai obyek pemantauan karena merupakan pintu keluar dan masuk atau tempat interaksi awal masyarakat dari dalam dan ke luar kota. Dan saya ingin memastikan bahwa protokol kesehatan telah dijalankan oleh masyarakat. Saya juga membandingkan stasiun yang satu dan yang lainnya melalui data yang dipresentasikan. Saya  mencatat bahwa masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, saya juga mencatat peningkatan arus penumpang di masing-masing stasiun yang saya kunjungi,” ungkapnya.

Di Surabaya, Imran Baidirus mengadakan pertemuan dengan manajemen Stasiun Gubeng yang dipimpin Kadaop 8, EVP Fredi Firmansyah, manajemen Stasiun Madiun yang dipimpin Kadaop 7 VP Joko Widagdo dan manajemen Stasiun Tugu Yogyakarta yang dipimpin Kadaop 6 EVP Asdo Artriviyanto. Pada saat  di Madiun, Pangkogabwilhan II juga sempat bertemu dengan Walikota Madiun Maidi dan Rektor UNIPMA, Parji untuk mendapat masukan. Madiun merupakan kota dengan peringkat ke-38 terkait pandemi Covid-19.

“Hanya dengan memastikan dilaksanakannya protokol kesehatan oleh masyarakat,  pemulihan ekonomi dapat segera terwujud. Oleh karena itu, saya menghimbau agar masyarakat tetap menggunakan masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan termasuk mencuci tangan. Pemerintah daerah juga diminta untuk tidak kenal lelah mengingatkan masyarakatnya  untuk hidup bersih,” tegasnya.

Sementara itu, Cris Kuntadi menjelaskan dirinya diberi tugas oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk memastikan masyarakat menggunakan transportasi publik, khususnya kereta pada masa new normal ini. 

“Tentunya perlu dipastikan protokol kesehatan dipatuhi. Pada kesempatan ini, dalam kegiatan pemantauan bersama Pangkogabwilhan II, Imran Baidirus  terlihat ada kenaikan penumpang kereta api," tuturnya.

Cris Kuntadi mengatakan, kami bersyukur bahwa masyarakat sudah kembali memanfaatkan kereta sebagai sarana transportasi dan pihak KAI telah mematuhi protokol kesehatan.

"Semoga dengan pelayanan PT KAI yang menerapkan protokol kesehatan ini, akan mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat naik kereta. Saya berterimakasih karena diundang Pangkogabwilhan II untuk bersama-sama memantau kondisi real masyarakat dalam pelaksanaan protokol kesehatan,” pungkasnya. (*)

COMMENTS

Nama

Bisnis Desa Hukum Jember Kebudayaan Keriminal Kesehatan Kriminal Nasional Olahraga Olehraga Opini Pemerintah Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Prestasi Religi Sosial Sosialisasi Wisata
false
ltr
item
POTRET JEMBER.COM: Pangkogabwilhan II Potret Kondisi Real Pelaksanaan Protokol Kesehatan di Lapangan Secara Incognito
Pangkogabwilhan II Potret Kondisi Real Pelaksanaan Protokol Kesehatan di Lapangan Secara Incognito
https://1.bp.blogspot.com/-NEZo2nuco_w/X0xUfa_KSeI/AAAAAAAAG3w/OC1U0QKyWxY8kvHTxtlpTsa7dAHvdqRdgCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200831-WA0003.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-NEZo2nuco_w/X0xUfa_KSeI/AAAAAAAAG3w/OC1U0QKyWxY8kvHTxtlpTsa7dAHvdqRdgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200831-WA0003.jpg
POTRET JEMBER.COM
http://www.potretjember.com/2020/08/pangkogabwilhan-ii-potret-kondisi-real.html
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/2020/08/pangkogabwilhan-ii-potret-kondisi-real.html
true
7543246334642126740
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy