Cegah Pungli, Pemkab Bersama Kejari Jember Gelar Sosialisasi Saber Pungli di Lingkungan Pendidikan

POTRETJEMBER.COM - Guna memberantas Pungutan Liar secara efektif dan efisien dalam upaya membangun Pemerintah yang bersih dari Korupsi. Peme...


POTRETJEMBER.COM - Guna memberantas Pungutan Liar secara efektif dan efisien dalam upaya membangun Pemerintah yang bersih dari Korupsi. Pemerintah Kabupaten Jember bersama Kejaksaan Negeri Jember menggelar Sosialisasi Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) di Lingkungan Pendidikan di Kabupaten Jember, dengan mengundang seluruh kepala sekolah mulai tingkat sekolah dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), yang berlangsung di Aula PB. Sudirman. Kamis (8/12/2022)

Dalam kegiatan tersebut dihadiri 477 kepala sekolah SD, 94 kepala sekolah SMP Negeri, 129 kepala sekolah SMP swasta, 18 kepala sekolah SMA Negeri, 8 kepala sekolah SMK Negeri, dan 50 orang tim saber pungli.

Selain di hadiri oleh kepala sekolah se-Kabupaten Jember, kegiatan tersebut juga di hadiri beberapa nara sumber yakni dari Polres Jember, Kodim 0824 Jember, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan beberapa nara sumber lainnya.

"Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan sosialisasi ini adalah, untuk memberikan pemahaman kepala sekolah agar menghindari pungli baik kepada anak didik maupun orang tua," ujar Kepala Inspektorat Ratno Cahyadi Sembodo

Kemudian Ratno menyampaikan, untuk mengintensifkan pencegahan pungli dengan membuka saluran komunikasi dengan tim saber pungli apabila ada hal-hal yang meragukan untuk mengambil keputusan.

"Untuk menghindari tindakan berdasarkan info dari masyarakat terkait masih adanya dugaan pungli atau hal tidak sesuai ketentuan agar bisa dicegah bersama-sama," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Jember I Nyoman Sucitrawan menyampaikan, yang perlu dipikirkan adalah bagaimana cara mencegah sebuah kebijakan yang bisa berujung pungli. 

Nyoman mengatakan, semisal sekolah mau membangun gedung atau ruang kelas, dan melibatkan anak didik atau wali murid untuk menarik sumbangan, hendaknya meminta secara sukarela dan jangan ada paksaan. 

"Namanya sukarela jangan disama ratakan, misalnya harus 100 ribuan semua. Menyumbang 2 ribu terima saja, sukarela kuncinya adalah ikhlas," tuturnya.

Untuk menghindari masalah ke depannya, Nyoman mengatakan, setiap kebijakan yang diambil terutama yang berkaitan dengan pungutan, sekolah harus membuat payung hukumnya atau berita acara saat rapat. 

"Jadi jangan asal bicara. Harus ada berita acaranya, siapa saja yang hadir, siapa yang setuju, jadi harus jelas," imbuhnya. 

Nyoman juga menyarankan, agar para pembuat kebijakan di sekolah tidak ragu berkomunikasi dalam setiap pengambilan keputusan untuk meminimalisir terjadinya pungli. 

"Kalau saudara ragu-ragu dalam mengambil keputusan silakan berkonsultasi dengan pemda atau tim saber pungli," ungkapnya.

Hal senada juga di sampaikan oleh, Bupati Jember Hendy Siswanto menyebut, kepala sekolah dan guru untuk tidak ragu berkonsultasi agar kebijakannya tidak dianggap pungli. 

"Mungkin bisa jadi kepala sekolah dan guru tidak ingin melakukan pungutan liar. Karena dia kurang komunikasinya dengan teman saber pungli, sehingga meraka kadang bisa keliru, ini sumbangan boleh apa tidak, nah hal-hal kecil itu justru bisa menjadi problem," jelasnya.

Hendy juga mengakui, dana BOS tidak mencukupi kebutuhan sekolah, untuk itu perlu melibatkan wali murid, untuk berdiskusi dengan menciptakan rasa memiliki yang sama. dalam pengambilan sumbangan sukarela tidak disampaikan kepada siswa untuk menghindari gesekan antar siswa. 

"Anak-anak didik ini ada yang mampu dan ada yang tidak mampu, memang sumbangan ini sukarela bebas tidak ada penekanan kepada anak didik, tapi justru yang gak mampu itu diolok antara teman dan terjadi bully. Jadi cukup disampaikan kepada wali murid," pungkasnya. (*)

COMMENTS

Nama

Bisnis Desa Hukum Jember Kebudayaan Keriminal Kesehatan Kriminal Nasional Olahraga Olehraga Opini Pemerintah Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Prestasi Religi Sosial Sosialisasi Wisata
false
ltr
item
POTRET JEMBER.COM: Cegah Pungli, Pemkab Bersama Kejari Jember Gelar Sosialisasi Saber Pungli di Lingkungan Pendidikan
Cegah Pungli, Pemkab Bersama Kejari Jember Gelar Sosialisasi Saber Pungli di Lingkungan Pendidikan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgKQ2e0N5pPH6B_4IL-GM0YgKcJDY33v6zR3Vfortr0twE0IPLlcew1q25BRkUDtuf0l2uXvMkKi2Pl-wtZe3TEHC3Q35Z4McOhyJq0oDJqyBI4DHDgViiNmBdY_aBL6WtWDG70taYDa7LHZzsvfajWeMzMfaMPr7bTwJdUXd8eidlAjqVf_rsY5LH27g/s320/IMG20221208135839.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgKQ2e0N5pPH6B_4IL-GM0YgKcJDY33v6zR3Vfortr0twE0IPLlcew1q25BRkUDtuf0l2uXvMkKi2Pl-wtZe3TEHC3Q35Z4McOhyJq0oDJqyBI4DHDgViiNmBdY_aBL6WtWDG70taYDa7LHZzsvfajWeMzMfaMPr7bTwJdUXd8eidlAjqVf_rsY5LH27g/s72-c/IMG20221208135839.jpg
POTRET JEMBER.COM
http://www.potretjember.com/2022/12/cegah-pungli-pemkab-bersama-kejari.html
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/
http://www.potretjember.com/2022/12/cegah-pungli-pemkab-bersama-kejari.html
true
7543246334642126740
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy